Jumat, 23 November 2012

Anatomi manusia

Gambar gabungan anatomi lelaki dan wanita yang disediakan atas izin www.3dscience.com
Anatomi manusia atau antropotomi ialah sebuah bidang khusus dalam anatomi yang mempelajari struktur tubuh manusia, sedangkan jaringan dipelajari di histologi dan sel di sitologi.
Tubuh manusia, seperti tubuh hewan, terdiri atas sistem, yang terdiri atas organ-organ, yang terdiri atas jaringan, yang terdiri atas sel.
Lihat sejarah anatomi untuk sejarah anatomi, termasuk anatomi manusia.

Daftar isi

Sistem tubuh manusia

Diagram anatomi manusia

Human body features-nb.svg Diagram anatomi manusia
1. Kepala
2. Wajah:Dahi, Mata, Telinga, Hidung, Mulut, Lidah, Gigi, Rahang, Pipi, Dagu
3. Leher, Tenggorokan, Jakun
4. Bahu
5. Dada, Buah dada, Tulang rusuk
6. Pusar
7. Perut, Pinggul
8. Organ seks
9. Penis/Skrotum atau Vagina/Klitoris

10. Paha
11. Lutut
12. Betis, tulang kering
13. Pergelangan kaki
14. Telapak kaki, Tumit, Jari kaki (Ibu jari, telunjuk, tengah, manis, kelingking)

15. Lengan
16. Siku/sikut
17. Pergelangan tangan
18. Telapak tangan, Jari tangan (Ibu jari, telunjuk, tengah, manis, kelingking)

Organ dalam

Nama-nama umum organ dalam (secara alfabetis) :
Adrenalin - Appendiks - Duodenum - Esofagus - Ginjal - Hati - Jantung - Kandung empedu - Kandung kemih - Kulit - Kunci paha - Limpa - Mata - Otak - Ovarium - Pankreas - Paratiroid - Paru-paru - Lambung - Pituitari - Prostat - Rahim - Thymus - Tiroid - Usus - Vena - Zakar
labia mayora

Anatomi otak

Amigdala — Batang otak — Otak kecil — Korteks otak besar — Hipotalamus — Otak Besar;- Sistem limbik — medulla — otak tengah — Kelenjar pituitari — pons
Lihat juga: Otak manusia, Daftar regio dalam otak manusia
 
 
Posted by Naganiel On 11:56 AM 26 komentar

Google selalu menciptakan inovasi-inovasi yang menarik untuk diikuti dalam perkembangan dunia maya. Satu lagi produk dari google yang admin rekomendasikan buat anda yang mempunyai minat untuk mempelajari struktur tubuh manusia adalah Google Body. Prinsip dari Google Body ini hampir sama dengan Google Earth, bedanya adalah Google Body diperuntukkan untuk menjelajah struktur tubuh manusia. Dengan menggunakan layanan ini, anda akan dipermudah untuk mengenal anatomi manusia. Struktur tubuh yang dapat anda lihat pada Google Body diantaranya: kerangka, otot, jantung, paru-paru, lambung, hati, usus, otak, dan lain sebagainya. Untuk dapat mengakses layanan ini, komputer anda harus tersambung dengan internet (Koneksi internet yang tinggi sangat dibutuhkan untuk dapat mengakses Google Body dengan lancar). Syarat lainnya adalah browser yang kita gunakan harus sudah mendukung WebGL (Web-based Graphic Library). Untuk browser mozilla firefox, versi yang mendukung WebGL adalah versi 4 keatas. Sedangkan untuk browser google chrome, versi yang sudah mendukung WebGL adalah versi 10 keatas (Admin mohon maaf, untuk browser jenis lain admin kurang tahu. Admin lebih sering menggunakan dua browser ini). Untuk lebih cepat mengetahui apakah browser anda support WebGL atau tidak, silahkan anda akses URL Google Body pada alamat http://bodybrowser.googlelabs.com/. Jika browser anda tidak support WebGL, maka akan ditampilkan gambar seperti berikut ini

Tampilan yang muncul jika browser anda tidak support WebGL

Jika browser yang anda gunakan google chrome versi 10 keatas, layanan Google Body ini dapat langsung anda akses. WebGL dari google chrome versi 10 keatas bagi pengguna windows akan tersetting secara otomatis. Hal ini berbeda jika anda menggunakan mozilla firefox versi 4 keatas. WebGL Mozilla firefox yang anda gunakan harus disetting terlebih dahulu, caranya dengan mengetikkan about:config pada address bar. Lalu pada pesan peringatan yang muncul, clicklah tulisan "I'll be careful, I promise". Pada tampilan berikutnya aktifkanlah Webgl.force-enabled dengan cara mendouble click tulisan tersebut (Jika sudah aktif, valuenya = true).

Tampilan Google Body pada mozilla firefox versi 4 keatas
yang WebGL-nya belum diaktifkan

Jika mozilla firefox anda sudah disetting dengan benar, ketikkanlah alamat situs Google Body pada address bar anda (atau gunakan google chrome versi 10 keatas). Pada tampilan yang muncul, clicklah tombol "Go To Google Body"


Pada tampilan berikutnya anda dapat belajar mengenal susunan tubuh manusia. Pergunakanlah menu yang terdapat pada sisi kiri Google Body untuk melihat organ-organ tubuh manusia. Anda juga dapat melihat tampilan tubuh tersebut dari berbagai sisi.





Google Body ini juga dapat menjadi media bagi guru biologi yang sekolahnya sudah menggunakan peralatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian, proses belajar mengajar didalam kelas atau laboratorium terasa lebih menggairahkan :) Semoga kedepannya Google Body ini dapat menampilkan gambar/foto organ tubuh manusia yang asli seperti halnya google earth yang menampilkan foto asli dari satelit untuk beberapa kawasan atau daerah.


   Organ adalah kumpulan dari beberapa jaringan untuk melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh sedangkan sistem tubuh adalah gabungan dari organ-organ tubuh yang menjalankan fungsi tertentu.
Macam-Macam Dan Jenis-Jenis Sistem Pada Badan Manusia :
1. Sistem Ekskresi
Sistem ekskresi berfungsi untuk memindahkan hasil metabolisme yang sudah tidak diperlukan ke luar tubuh sehingga sel-sel tubuh dapat menjaga keseimbangannya terhadap lingkungan. Terdiri atas ginjal, paru-paru (karbon dioksida), hati (racun) dan kulit (keringat).
2. Sistem Pernapasan / Sistem Pernafasan
Sistem pernapasan adalah sistem yang memiliki fungsi untuk mengambil oksigen, menyediakan oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida ke luar tubuh. Terdiri dari hidung, faring, laring, trakea / trakhea, bronki dan paru-paru.
3. Sistem Pencernaan
Sistem perncernaan adalah sistem yang berfungsi untuk melakukan proses makanan sehingga dapat diserap dan digunakan oleh sel-sel tubuh secara fisika maupun secara kimia. Terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, rektum, hati dan pankreas.
4. Sistem Peredaran / Transportasi
Sistem peredaran atau sistem transportasi adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menjaga tubuh dari penyakit, menyebar sari makanan dan oksigen ke seluruh tubuh serta mengangkut zat-zat sisa ke luar tubuh. Terdiri atas jantung, pembuluh arteri, pembuluh vena, pembuluh kapiler, pembuluh getah bening (limfatik) dan kelenjar limfe.
5. Sistem Reproduksi
Sistem reproduksi adalah sistem yang berfungsi untuk berkembang biak. Terdiri dari testis, ovarium dan bagian alat kelamin lainnya.
6. Sistem Otot
Sistem otot adalah sistem tubuh yang memiliki fugnsi seperti untuk alat gerak, menyimpan glikogen dan menentukan postur tubuh. Terdiri atas otot polos, otot jantung dan otot rangka.
7. Sistem Syaraf/ Sistem Saraf
Sistem saraf adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menerima dan merespon rangsangan. Terdiri dari otak, saraf tulang belakang, simpul-simpul syaraf dan serabut syaraf.
8. Sistem Endoktrin
Sistem endoktrin adalah sistem yang berfungsi untuk memproduksi hormon yang mengatur aktivitas tubuh. Terdiri atas kelenjar tiroid, kelenjar hipofisa/putuitari, kelenjar pankreas, kelenjar kelamin, kelenjar suprarenal, kelenjar paratiroid dan kelenjar buntu.
9. Sistem Rangka
Sistem adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menyimpan bahan mineral, tempat pembentukan sel darah, tempat melekatnya otot rangka, melindungi tubuh yang lunak dan menunjang tubuh. Terdiri dari tengkorak, tulang rusuk, tulang belakang, rangka penopang tulang bahu, rangka penopang tulang pinggul, tulang angota badan atas dan bawah.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar